Selasa, 10 Januari 2012

Pelaksanaan Proses Pencetakan

 Persiapan Cetak
Kegiatan persiapan sebelum melakukan proses pencetakan kemasan Sanbe Elkana adalah sebagai berikut :
1.      Membaca Surat Perintah Kerja (Job Form)
Job Form adalah surat yang berisi perintah kerja/petunjuk kerja dalam proses cetak yang diberikan langsung oleh kepala bagian cetak kepada karyawan pelaksana cetak.  Job Form berisi petunjuk ukuran kertas yang akan dicetak, jumlah yang akan dicetak, data pelanggan atau pemesan, nomor identitas, dan waktu pengiriman, lebih jelasnya bisa dilihat pada Lampiran 2.
2.      Menyiapkan Kertas
Setiap potongan kertas selalu diberi Produk ID, yaitu tanda agar kertas tidak tertukar.  Produk ID ini harus disiapkan bersamaan dengan Job Form.  Isi  ProdukID adalah tanggal kirim, nama pemesan, nama cetakan, nomor job form, bahan kertas, dan lain-lain. Lebih jelasnya dapat dilihat pada lampiran 3.
3.      Memeriksa Kondisi Mesin
Sebelum dioperasikan  kondisi mesin Heidelberg Print Master GTO 52-4 warna, harus diperiksa terlebih dahulu, terutama pada bagian pemasukan (Feeder), bagian pencetak (Press Unit), dan bagian pengeluaran (Delivery)  agar mesin siap digunakan dengan baik dan aman.  Apabila terdapat masalah di salah satu bagian tersebut maka mesin sebaiknya diperbaiki dahulu.

4.      Menyiapkan Air Pembasah
Mesin Heidelberg Print Master GTO 52-4 warna memiliki unit air pembasah dengan sistem otomatis yang berada di sebelah kanan mesin.  Pemeriksaan penampungan air pembasah harus rutin dilakukan untuk mencegah keringnya air pembasah.
5.      Menyiapkan Blangket
Blangket adalah lembaran yang permukaannya terbuat dari karet dan dan bagian bawah dari tenunan kain, Silinder blangket berfungsi untuk menerima gambar dari pelat yang telah diberi tinta untuk dipindahkan ke media cetak (kertas). Sebelum mulai mencetak harus dipastikan blangket dalam keadaan bersih, apabila kotor blangket dibersihkan menggunakan whas atau bensin. Setelah bersih, blanket diberi spare gumyang fungsinya agar blangket tetap dalam keadaan kenyal.
6.      Menyiapkan Pelat
Pelat adalah lembar logam berisi acuan cetak yang dilapisi bahan peka cahaya yang fungsinya untuk menangkap gambar  yang diproses dengan penyinaran dan dicuci dengan developer - air – gom. Bagian atas dan bawah pelat dilubangi untuk kunci agar pelat tidak bergeser pada saat mencetak.
Tahap-tahap yang dilakukan pada persiapan pelat adalah :
a.             Lipat pelat.  Pelipatan pelat dilakukan di bagian penutup rol mesin HeidelbergPrint Master GTO 52-4 warna.
b.            Memasang pelat dengan tahap-tahap berikut :
1)      Bersihkan silinder pelat senelum dipasang,
2)      Lipat pelat pada bagian atas dan beri lubang pengunci pada bagian bawahpelat
3)      Tekan tombol inching untuk mulai memasang pelat,
4)      Buka pengunci dan longgarkan pengunci pelat bagian atas dan bagian bawah
5)      Pasang  bagian bawah pelat dan kencangkan lagi bagian bawah kunci silnder (harus seimbang sebelah kiri dan kanannya),
6)      Tekan tomnbol inching dan masukan  pelat pada bagian yang telah dilipat, ke pengunci plat atas.
7)      Jepit pelat pada silinder yang mengunci di bagian atas.
7.      Menyiapkan Tinta
Bak tinta yang sudah bersih diisi dengan tinta yang sesuai dengan warna yang telah ditentukan dalam  Job Form. Isi dengan tinta orange, yellow, green, dan black.
8.      Menyiapkan Meja Pemasukan
Meja pemasukan diatur sesuai dengan ukuran kertas. Posisi kertas harus berada tepatdi tengah-tengah meja penghisap untuk mempermudah pencetakan. Selain itu kertas harus dalam posisi register dan tidak bengkok. Setelah meja pemasukan diatur, naikan kertas ke atas meja pemasukan dengan cara mengocok kertas atau memberikan udara di sela-sela kertas agar kertas tidak dobel ketika masuk ke mesin.
9.      Fungsi  penghisap, penghembus, dan pendorng kertas :
a.    Penghisap kertas berfungsi untuk menghisap kertas dan menaikannya ke bagian pendorong. Bagian penghisap yang tidak kena kertas harus ditutup.
b.   Penghembus kertas berfungsi sebagai penghembus kertas supaya kertas tidak dobel.  
c.    Pendorong kertas berfungsi sebagai anleg agar pada saat jalan kertas tidak lari atau berpindah tempat.
10.  Menyiapkan Meja Pengeluaran dan Powder
Meja pengeluaran diatur sesuai dengan kertas yang keluar dari mesin agar tidak tercecer dan langsung tertumpuk dengan rapi.
Powder digunakan untuk memberikan jarak kertas yang saling menumpuk sebagai jalur masuknya angin sehingga hasil cetakan cepat kering dan tidek lecet(smet).Bagian pengeluaran (Deliverydan meja pengeluaran dapat di liat pada gambar di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar